Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Madiun

Email dkppkabmadiun@gmail.com
Lokasi Jl. Alun-alun Utara No.4 Madiun
  • Home
  • /
  • Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Madiun Beri Pelatihan Pembuatan Pakan

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Madiun Beri Pelatihan Pembuatan Pakan

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Madiun memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak kepada Kelompok Ternak Bangun Karya, Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Dolopo. Pelatihan ini sekaligus penutupan monitoring evaluasi (monev) 2022 yang telah dilaksanakan hampir 2 bulan. Pelatihan pembuatan pakan ini merupakan salah satu upaya mengatasi krisis pakan serta peningkatan kualitas gizi untuk hewan ternak yang dimiliki kelompok tersebut.

Bagus Sri Yulianta selaku Kepala Bidang Peternakan mengatakan bahwa menurunnya produktivitas pertanian, sangat berpengaruh terhadap ketersediaan pakan. Bahkan, di beberapa daerah, jerami padi menjadi rebutan. Dirinya tak ingin Kelompok Bangun Karya mengalami hal serupa.

Ditempat yang sama, Anas yang juga dari rombongan Dinas Peternakan menjelaskan keunggulan dari pembuatan pakan dengan cari fermentasi. Menurutnya, cara ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas budidaya ternak, baik itu kambing maupun sapi.

Kelompok Bangun Karya juga langsung mempraktikkan kegiatan pembuatan pakan ternak tersebut. Hal ini bertujuan agar para anggota kelompok bisa melihat langsung proses pembuatan pakan tersebut dari awal hingga selesai.

Menutup acara monitoring evaluasi, Bagus bersama tim Dinas memberikan vitamin untuk sapi ternak para anggota kelompok. Dirinya berpesan, pelatihan ini harus diterapkan. Fermentasi merupakan solusi. Selain mengatasi krisis pakan juga sebagai sarana meningkatkan kualitas gizi.

SUMBER : https://filesatu.co.id/tutup-monev-2022-dinas-ketahanan-pangan-dan-peternakan-kabupaten-madiun-beri-pelatihan-pembuatan-pakan/